Bosan di Tempat Kerja

Bosan merupakan hal yang kelihatannya sepele tetapi kalau dibiarkan dapat mempengaruhi kinerja dan tentu saja berakibat terhadap karier seseorang. Banyak cara mengatasi kebosanan diantaranya dikaitkan kepada target, tugas dan tanggungjawab. Yang pertama dapat dilakukan untuk mengatasi kebosanan adalah berupaya untuk tetap di tugas dan tanggungjawab yang sekarang tetapi mencari cara-cara baru untuk lebih sukses dan puas terhadap hasil kerja. Dalam hal ini dapat dievaluasi cara-cara kerja yang lama dan secara kreatif mengubah cara kerja yang baru dan menarik. Demikan juga dengan targetnya. Buat target pribadi yang lebih menantang. Cara ini tidak perlu melibatkan banyak pihak dan hasilnya bisa maksimal.

Cara kedua adalah dengan meminta tugas dan tanggungjawab yang baru sehingga dapat menghilangkan kebosanan yang ada. Tentu saja hal ini perlu dikomunikasikan ke atasan dan atasan akan melihat apakah kemampuan dan kompetensi yang Anda miliki sesuai dengan persyaratan tugas baru Anda. Dalam organisasi memang ada rotasi pekerjaan yang tujuannya antara lain untuk lebih memaksimalkan SDM yang ada.

Cara berikutnya memang melibatkan atasan yang lebih tinggi lagi, yaitu pindah departemen, divisi atau unit usaha. Karyawan yang berprestasi biasanya memungkinkan untuk melalukan hal ini. Bisa saja karyawan di unit telekomunikasi misalnya pindah ke unit usaha hotel. Tentu saja untuk pindah pekerjaan semacam ini, harus ada alasan-alasan kuat mengapa yang bersangkutan dapat pindah. Yang jelas, divisi atau unit lain tidak akan menerima karyawan pindahan kalau sebelumnya tidak menunjukkan prestasi baik.

Kalau ke tiga cara di atas sulit dilakukan, masih ada cara lain yaitu pindah ke perusahaan lain alias mengundurkan diri. Cara ini harus dipastikan terlebih dahulu apakah akan terulang kembali masalah bosan Anda. Untuk semua cara di atas, sebelum kita mengambil keputusan, harus diketahui terlebih dahulu alasan kebosanan kita. Buat daftar alasan dan tentukan prioritasnya. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: