Track Record

Pertanyaan yang selalu muncul dalam diskusi tentang karier adalah pertanyaan tentang apa hal yang paling penting dalam berkarier. Jawabannya sangat mudah dikatakan tetapi memerlukan proses yang panjang, yaitu track record yang baik. Track record yang baik diperlukan diberbagai aspek mulai dari proses berkarier, memenangkan proyek kecil dan besar maupun keperluan lain-lainnya. Untuk memenangkan tender proyek, misalnya, diperlukan track record yang baik dan sesuai dengan proyek yang akan dikerjakan. Begitu juga dengan keperluan melamar pekerjaan, promosi jabatan atau kenaikan pangkat, semuanya membutuhkan track record. Begitu juga dengan fresh graduate memerlukan track record untuk melamar pekerjaan.

Track record bagi fresh graduate sangat mudah dilihat dari misalnya, asal universitas, angka IPK, jurusan yang diambil, keaktifan berorganisasi, lamanya kuliah dan masih banyak lagi. Hal-hal di atas mudah ditulis dalam resume dan dapat langsung dievaluasi. Untuk dapat kulaih dan lulus dan perguruan tinggi papan atas, misalnya, memerlukan seleksi yang keta dan kerja keras. Begitu juga dengan track record bagi yang berpengalaman. Hal yang paling mudah dilihat adalah tempat mereka bekerja, posisi dan prestasi yang diperoleh. Untuk bekerja di perusahaan papan atas tentu saja melalui proses seleksi yang panjag dan ketat. Jadi kalau bekerja di perusahaan yang mempunyai reputasi yang baik, tentu saja mempunyai kebanggan tersendiri dan mempunyai nilai jual yang tinggi juga.

Track record yang baik membutuhkan reputasi yang baik juga. Membangun reputasi tidak mudah karena membutuhkan konsistensi dan kerja keras. Tidak sedikit dari kita sudah mempunyai reputasi baik hilang sekejap karena satu kesalahan saja. Rupanya jalan instant, tidak membuat kita mempunyai track record, karena track record merupakan proses panjang dan berkesinambungan. Mulailah hal-hal kecil dan bermanfaat untuk membangun track record yang mempunyai reputasi tinggi. Selamat Tanun Baru 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: