Kepala Staf Komando Pertahanan Udara Nasional Marsekal Pertama TNI Pandji Utama membuka System Transmisi Data Air Situation (TDAS)

Kepala Staf Komando Pertahanan Udara Nasional Marsekal Pertama TNI Pandji Utama membuka secara resmi Pendidikan Kualifikasi Khusus TDAS angkatan ke III tahun 2007 bertempat di Aula Leo Watimena Kohanudnas Halim Perdanakusuma Jakarta, Selasa (23/10).

Dalam sambutannya Kas Kohanudnas menyatakan bahwa System Transmisi Data Air Situation (TDAS) muncul pertama kali pada pertengahanan tahun 2005 dengan dimulainya penelitian data radar militer yang dilakukan PT. ITS Surabaya bekerjasama dengan para pakar radar Kohanudnas. Penelitian tersebut terarah pada bagimana informasi situasi udara tergambar dalam data radar, dan bagaimana percakapan antara peralatan radar dan prosesnya saling berkomunikasi.

Bertitik tolak pada hal tersebut, Kohanudnas dengan tugas pokoknya menyelenggarakan pertahanan dan keamanan terpadu atas wilayah udara nasional, menggunakan sistem TDAS ini untuk membantu mengamati ruang udara nasional, sehingga lalulintas penerbangan di wilayah udara nasional dapat dipantau secara real time.

Lebih lanjut Kas Kohanudnas menegaskan pendidikan kualifikasi khusus TDAS ini diadakan sebagai sarana untuk memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan kepada personel Kohanudnas dan jajaran yang mengawaki peralatan TDAS agar mampu mengoperasikan, menganalisa kerusakan dan melaksanakan pemeliharaan peralatan tersebut, yang pada ahirnya kesiapan dan kesiagaan operasional peralatan tersebut senantiasa terjaga dan selalu dalam kondisi prima. Ditinjau dari teknologi yang digunakan, peralatan TDAS yang dimiliki Kohanudnas sudah mengunakan teknologi canggih dalam sistem pengoperasiannya sehingga diperlukan kemampuan dan keahlian dalam melaksanakan perawatan dan pemeliharaan. Kemampuan dan keahlian tersebut hanya dapat diperoleh dari hasil pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan secara kontinyu. Selanjutnya Kas Kohanudnas menekankan kepada para siswa bahwa ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk memperoleh dan mengembangkan pengetahuan para siswa mengenai peralatan TDAS.

Pendidikan kualifikasi khusus TDAS angkatan ke III kali ini diikuti oleh lima belas siswa yang terdiri dari lima orang Pama, delapan orang Bintara dan dua orang Tamtama yang berasal dari Kohanudnas, Kosekhanudnas, Pusdikhanudnas serta Satuan Radar (Satrad).

Hadir pada kesempatan upacara tersebut para Asisten Kohanudnas, perwakilan Perwira, Bintara dan PNS Kohanudnas serta intruktur dari PT..ITS, demikian penjelasan Kepala Penerangan Kohanudnas Mayor Sus Suharto, SH

sumber : http://www.tni-au.mil.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: