Pakai Haier C2000 sebagai Modem Internet

Meskipun harganya murah meriah, Haier C2000 ini bisa dipakai sebagai modem CDMA lho. Cuma karena dikunci dengan operator Mobile-8, ponsel hanya bisa diisi nomor Fren. Saat ini tarif akses internet Fren ada dua pilihan, yaitu Rp 5/kb (berbasis volume data) atau Rp 160/menit (berbasis waktu).

Sebelum ponsel bisa dipakai sebagai modem, siapkan dulu ini:
1. Komputer (PC) atau laptop dengan OS Windows

2. Kabel data miniUSB ke USB.
Kabel data miniUSB ke USB ini mudah didapatkan dan harganya murah, karena merupakan kabel standar yang masal, yaitu kabel USB dengan 5 pin. Banyak dipakai untuk kabel data ponsel, kamera digital, harddisk eksternal, card reader, sampai MP3 player. Colokan miniUSB ditancapkan ke ponsel, dan USB ke komputer. Enaknya, kabel data di Haier C2000 ini sekaligus berfungsi melakukan charging. Alhasil tak perlu khawatir ponsel kehabisan batere, jika dipakai mengakses internet berlama-lama.

3. Driver modem untuk Haier C2000
Driver modem bisa diunduh gratis di http://www.ziddu.com/download/1994551/usb-driver-c2000.zip.html. Setelah diunduh, ekstraksilah driver dan buatkan folder baru.

Tahapan Setting Internet
1. Nyalakan ponsel, lalu hubungkan kabel data ke ponsel dan komputer. Secara otomatis, komputer akan mendeteksi dan muncul pesan Found new Hardware. Saat itu juga ponsel akan langsung mengalami charging. Selanjutnya, pada pesan Welcome to the Found New Hardware Wizard, pilih No, not this time, lalu Next agar Windows tidak melakukan Update.

Lanjutkan dengan memilih Install from a list or specific location, lalu Include this location in the search, dan arahkan ke folder driver modem yang telah diunduh sebelumnya. Tunggu beberapa saat sampai proses instalasi driver selesai. Jika berhasil, di pojok kanan bawah akan muncul pesan Found New Hardware, Your new hardware is installed dan ready to use.

2. Lanjutkan dengan masuk ke Start>Settings>Control Panel>System, lalu pilih tab Hardware>Device Manager. Lihatlah pada pilihan Modems. Jika driver sudah ter-install dengan baik, akan muncul (terdeteksi) nama modem-nya, dalam hal ini Qualcomm Proprietary USB Modem (PID 3197).

3. Tahap berikutnya adalah membuat koneksi. Masih di Control Panel, pilih Network Connection. Lalu pilih New Connection Wizard. Setelah menu wizard keluar, pilih Next, dan beri tanda centang pada Connect to The Internet. Klik Next dan beri tanda centang pada Set Up My Connection Manually, lalu klik Next. Lanjutkan dengan memilih Connect a Dial-up Modem, dan masukan nama ISP (misalnya Hepi atau Fren), lalu klik Next, dan di phone number masukkan (#777), lalu klik Next.

4. Di menu terakhir, munculah pilihan username dan password. Isikan data berikut :
Username : m8, password : m8, confirm password : m8, klik Next dan selesai. Beri tanda centang pada Add a shortcut to this connection to my dekstop, dan klik Finish. Hal ini akan menempatkan icon koneksi yang telah dibuat di bagian depan (Dekstop) sehingga mudah digunakan. Lakukan koneksi pada koneksi yang baru dibuat, icon koneksi muncul di desktop. Cara lain adalah lewat Start >Setting > Network Connection, cari nama koneksi yang telah dibuat dan dobel klik.

5. Tekan Dial pada menu Connect yang muncul.Tunggu beberapa saat untuk masuk (login) ke jaringan operator. Jika sukses akan segera terlihat icon di bagian bawah, misalnya “hepi-fren is now connected, Speed: 115.2 Kbps”

6. Buka browser Internet Explorer, dan masuk ke Tools>Internet Options. Klik tab Connections di bagian atas, dan pilih Always dial my default connection, lalu Apply dan OK. Untuk browser lain, misalnya Mozila Firefox, masuk ke Tools>Options>Advanced>Network>Settings, lalu pilih Direct connection to the internet, lalu OK. Browser siap digunakan.

7. Untuk mengetahui aktivitas data keluar masuk, klik icon di kanan bawah, dan pilih Status. Maka akan terlihat besaran datan yang masuk (received) dan keluar (Sent). Jika ingin mengakhiri, di atas ikon yang sama, pilih Disconnect. Dari pengujian di kantor Sinyal di daerah Palmerah, Jakarta, kecepatannya memang agak kurang utamanya untuk download. Tapi cukup lumayan untuk browsing, apalagi harga ponsel plus nomornya hanya Rp 100 ribuan.

Sumber: Sinyal

8 Tanggapan

  1. dah tak coba and semua perintah dah tak jalankan tapi ga bisa konek.minta tolong ya gimana caranya biar bisa konek.makasih

  2. aku dah coba n ikuti semua caranya tapi masih ga bisa konek.padahal sinyal penuh dan masih ada pulsanya. aku pake kartu fren.gimana caranya biar bisa konek. makasih

  3. bagus saya coba bisa internetan lho cobain aja !

  4. Saya coba instalasi di Windows 7, tapi kok nggak bisa ya… Bisa minta tolong kasih pencerahan…? Terima kasih.

  5. Kalau di XP sama di Vista sudah pernah coba dan berhasil, cuma yang windows 7 masih belum berhasil..

  6. Tuk teman-teman yang punya masalah saat instalasi Modem Qualcomm Proprietary USB Modem (PID 3197) pada Vista dan Windows 7 silakan kunjungi link dibawah ini :

    http://galakmata.co.cc/setting-modem-hp-nexian-c900-flexi-muslim-untuk-windows-7/

  7. makasih infonya, tar coba dch,,,

  8. Thank you for sharing in this article,I can learn a lot and could also be a reference
    I hope to read the next your article updates.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: