Ponsel Cina sebagai Modem GPRS

Ponsel Cina umumnya murah tetapi berfitur lengkap: TV, layar besar dan terang, memori besar.  Namun  pemilik ponsel Cina pasti juga ingin menggunakannya untuk mengakses Internet. Bisa kok.

Di sini Sinyal menggunakan tiga ponsel Cina yang cukup laris, yaitu Hi-Tech H382, K-Touch dan MyG 800. Uniknya, driver dari ponsel Hi-Tech bisa digunakan untuk ponsel Cina merek lainnya. Saat terdeteksi komputer, yang ditemukan adalah driver untuk peranti berjuluk MT6227. Driver ini sesuai untuk ponsel Hi-Tech, K-Touch, dan MyG yang dicoba Sinyal. Yang dilakukan tinggal mengganti port modem sesuai yang terdeteksi komputer.

Instalasi Driver Ponsel

Langkah pertama adalah memasukkan driver ponsel yang sesuai. Ini agar modem di ponsel dan komputer bisa berkomunikasi dengan baik. Driver ini terdapat dalam CD yang ada dalam paket pembelian. Jika tidak ada, download-lah driver Hitech (gratis) di http://hitech-mobile.com/hitech/index.php/Driver/View-category.html. Driver ini juga bisa digunakan untuk ponsel MyG. Sedangkan driver K-Touch, bisa didapatkan di http://www.benephon.com/en/Down.aspx.

Hubungkan ponsel dengan kabel data (USB) yang sesuai. Maka di layar ponsel akan langsung muncul pilihan Pengisian Massa, Com port dan Web cam. Pilih Com port, agar ponsel bisa berfungsi sebagai modem.

Di komputer akan muncul pesan Found New Hardware. Pilih Search for the best driver in these locations. Pilih Include this location in the search, dan Browse ke CD atau file driver yang sesuai, lalu Next.

Tunggu beberapa saat sampai muncul pesan bahwa proses instalasi USB Modem Driver telah selesai, lalu klik Finish. Jika proses sudah benar, di bagian kanan bawah layar akan muncul pesan Found New Hardware.

Klik kanan di My Computer, lalu Properties>Hardware>Device Hardware. Perhatikan di bagian Ports (COM & LPT). Di situ harus terlihat USB Modem Driver dan nomor COM.

Menambahkan Modem Ponsel

Kini ponsel yang sudah terhubung dengan baik ke komputer perlu diatur sebagai modem. Caranya:

1. Di Komputer, klik Start>Control Panel>Phone and Modem Options. Pilih Modem, lalu Add. Lanjutkan dengan menandai Don’t Detect My Modem I will select it from the list, dan klik Next.

2. Pilih Standard modem 14400Bps Modem, lalu Next. Jangan pilih kecepatan modem yang lebih tinggi, karena akan terjadi error. Tampaknya, modem di ponsel Cina ini tidak mendukungnya.

3. Lanjutkan dengan memilih COM yang terdeteksi secara otomatis oleh komputer, yang ada pada langkah 5 di Instalasi Driver Ponsel, lalu klik Finish.

4. Di Phone and Modem Options, tandai Standard 14400 bps modem yang telah dibuat, lalu klik Properties>Advanced, dan di bagian Extra Settings tambahkan AT+CGDCONT=1,”IP”,”APN operator”,”IP Gateway”,0,0. Jika Anda tidak menambahkannya, saat dial-up nanti akan muncul pesan Error 734.

Membuat Koneksi Dial-Up

  1. Klik Start > Control panel > Network Connections. Lalu di bagian kiri atas, pilih Create A New Connection, dan klik Next.
  1. Lanjutkan dengan Conect to The Internet> Next> Setup My Connection manually. Pilih Conect Using a Dial-up Modem > Next . Isi ISP Name, misal Telkomsel, lalu Next. Isi Phone Number dengan *99***1#  (sama untuk semua operator ).

Lanjutkan dengan mengisi Username dan Password, sesuai operator.

  1. Satelindo – Username: indosat, Password: indosat
    Telkomsel – Username: wap, Password: wap123
    Excelcommindo – Username: xlgprs, Password: proxl
    IM3 – Username: gprs, Password: im3

3 – Username: 3gprs, Password: 3gprs

Axis – Username: Axis, Password: 123456

4. Klik pada bagian Add a shortcut to this connection to my dekstop, agar koneksi bisa digunakan dengan mudah.

Koneksi ke Internet

Sebelum memulai koneksi ke Internet, pastikan browser sudah diatur. Untuk Internet Explorer, bisa diatur lewat Tools>Internet Options>Connections.

Lalu pilih nama Dial-Up operator yang baru dibuat, dan pastikan pilihan Always dial my default connection dan Set Default, sudah diaktifkan. Lanjutkan dengan klik pintasan Dial Up, lalu klik Dial, dan tunggu sampai proses koneksi berhasil.

***

Berdasarkan percobaan, kecepatan yang diperoleh kurang memuaskan. Modem di ponsel-ponsel Cina mungkin dibatasi pada kecepatan tertentu. Saat dicoba ke http://www.speedtest.net ke server di Amerika, hanya didapat kecepatan 56 kbps (download) dan 18 kbps (upload). Namun  jika hanya ingin sesekali menggunakannya, terbatasnya kecepatan ini akan tertutupi oleh lengkapnya fitur dan harga ponsel yang terjangkau.

(sumber: Sinyal)

15 Tanggapan

  1. mantafs……

  2. Ok sebelumnya terima kasih ya infonya, Saya mencoba dengan Star Tech ST 67 dengan kartu IM3. dan menggunakan driver MTK GPRS USB Modem dan selalu error pada 628 dan 692 .
    Tolong ..dong … pemecahannya………. makasih

    • kalau bole saya sarankan, koneksinya lewat bluetooth aja, lebih gampang dan praktis. kalau mau tau caranya, bisa kirim ke email aku

  3. om kalo zte c300 bisa dibuat modem ga? klo bisa gimana dong…. oya saya pake xp. thx atas bantuannya

  4. wahhh keren nih infonya…btw, hp cina tahan banting ga ya?? cepat panas ato ga??

  5. Mas sy pakai G star 188, bagaimana cara seting WAp dan setingan untuk dipakai sebagai modem dan dimana saya bisa dapat drivernya .

    Thanx

  6. Gimana kekuatannya, tahan lama nggak ya..

    kasih tahu dong <a href="http://xpresiriau.com/"<kesini.

  7. mohon petunjuknya
    bagaimana dengan hp merk mito tipe coolpad 288 untuk menggunakannya sebagai modem karena hp ini sual card GSM CDMA
    kemudian saya kehilangan cd driver,saya bsa mengaksesx d mana yaa??
    mhon bantuanx

    • sebenaranya, sepanjang yang saya ketahui mengenai hp cina, drivernya hampir sama. pake aja driver hp lain, atau kalau mau kunjungi aja situs resmi dari merk ponsel tersebut.

  8. gmana cra mengaktifkan internet di hp gstar 188

  9. mohon bantuan hanpone cina yang murah apa saja yang bisa dibuat modem….mohon pencerahan. kirim ke email nafia.060606@gmail.com

  10. Info yg sangat berguna nih….terima kasih sudah mau sharing dan salam kenal🙂

    Salam,
    Harga Ponsel

  11. cara mendapatkan cewek yang di sukai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: